Kesuburan Pria

Kesuburan PriaMengetahui kesuburan pria sama pentingnya dengan mengetahui kesuburan pasangan wanitanya dalam menentukan sebab-sebab kesulitan memiliki anak. Tes kesuburan pria biasanya dilakukan melalui analisis semen untuk mengetahui jumlah, kualitas, gerakan, dan karakteristik lain dari sperma yang diproduksi sang pria.
Pemeriksaan kesuburan pria dapat dilakukan dengan hitung sperma (sperm count)

Kesuburan Pria

Kesuburan Pria

PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA

Cairan semen yang akan diperiksa dikumpulkan dalam botol plastik yang diberikan dokter, dimabil setelah tiga hari tidak berhubungan seks. Semen harus diperiksa dalam waktu dua atau tiga jam setelah dikumpulkan untuk mencegah sperma mati, atau hasil pemeriksaan yang salah.

Cairan semen yang normal harus terkumpul dalam jumlah yang cukup (3 ml), mengandung sperma lebih dari 20 juta per ml (dapat dilihat dibawah mikroskop), dan sebagian besar (lebih dari 60%) harus dalam keadaan aktif dan selalu bergerak. Paling tidak sebagian besar sperma itu mempunyai penampilan normal untuk dapat membuahi sel telur dengan baik. Biasanya analisa cairan semen pria sangat menentukan karena bila di dalam semen itu tidak terdapat sperma, maka tidak begitu penting lagi pemeriksaan pihak wanita.

Tidak setiap hubungan intim yang dilakukan suami istri bisa membuahkan kehamilan. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan dari sperma seorang pria. Bila masalah tersebut dialami oleh seorang pria, sebaiknya ia melakukan tes kesuburan secara medis atau berkonsultasi pada dokter ahli. Tingkat kesuburan seorang pria bisa diukur dan dilakukan dengan cara memeriksa dan menganalisis spermanya, baik secara langsung atau menggunakan mikroskop. Analisis sperma yang baik menghasilkan parameter yang meliputi volume, pH, bau, warna, jumlah sel spermatozoa per mililiter, gerakan, dan bentuk spermatozoa.

Apabila hasil analisis pada sperma pri diluar parameter normal tersebut, maka dianggap tidak normal. Sperma tidak normal berarti kesuburannya juga terganggu sehingga kemungkinan untuk memiliki keturunan menjadi kecil bahkan tidak bisa. Namun, tidak demikian halnya pada diri seorang wanita. Walaupun mampu menghasilkan sel telur, buak berarti ia bisa hamil. Karena belum tentu sistem reproduksi yang lainnya juga normal. Pertama, saluran telurnya harus normal agar sel telur yang telah dikelurkan dari indung telur dapat masuk ke dalam rahim. Selanjutnya, walaupun kedua saluran telur normal tetapi rahimnya terganggu, maka kehamilan juga terhambat.

ANALISA SPERMA

Pemeriksaan Kesuburan Pria

Menghitung sperma (sperrm count)

Cairan semen yang akan diperiksa dikumpulkan dalam botol plastik yang diberikan dokter, diambil setelah tiga hari tidak berhubungan seks. Semen harus diperiksa dalam waktu dua atau tiga jam seteleh dikumpulkan untuk mencegah sperma mati, atau hasil pemeriksaan yang salah. Cairan semen yang normal harus terkumpul dalam jumlah yang cukup (3,ml), mengandung sperma lebih dari 20 juta per ml (dapat dilihat di bawah mikroskop), dan sebagian besar (lebih dari 60 %) harus dalam keadan aktif dan selalu bergerak (mobilitas).

Paling tidak, sebagian besar sperma sehat itu mempunyai penampilan normal untuk dapat membuahi sel telur dengan baik. Biasanya analisa cairan semen pria sangat menentukan, karena bila di dalam semen itu terdapat sperma, maka tidak begitu penting lagi pemeriksaan pihak wanita.

Sperma yang sehat adalah sel sperma yang memiliki bentuk sempurna, lincah, dan memiliki gerakan cepat menuju sel telur. Sperma yang gerakannya pelan dan tidak sempurna saat berenang menuju arah yang salah tentu menyebabkan pembuahan menjadi sangat sulit terjadi.

Banyak sumber bahan pangan atau makanan yang telah lama diyakini orang memiliki pengarug pada kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Setiap daerah atau negara biasanya mempunyai bahan atau ramuan tertentu yang diwariskan secara turun temurun sebagai cara untuk meningkatkan kesuburan.

Berdasarkan penelitian para ahli, makanan-makanan yang dipercaya bisa memperbaiki kesuburan pria dan wanita pada dasarnya kaya akan kandungan zat-zat gizi tertentu dan diyakini penelitian dokter memang bisa membantu meningkatkan produksi sel-sel sperma dan menjaga kesehatan sel telur. Berikut ini adalah uraian singkat tentang zat-zat gizi yang berpengaruh besar terhadap kesuburan dan makanan penyubur sperma adalah :

  • Vitamin adalah zat organik kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sehingga harus didatangkan dari sumber makanan.
  • Mineral adalah elemen-elemen kimia yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil. Oleh karena itu, biasanya disebut sebagai mineral mikro. Walaupun dibutuhkan hanya dalam jumlah yang amat serius. Mineral dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memproduksi molekul-molekul yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Dalam makanan-makanan tradisional, makanan khusus disediakan untuk pria dan wanita sebelum kehamilan dan selama hamil. Gizi utamanya termasuk kalsium, yodium, zinc, vitamin A, dan lemak omega-3.

Anda bisa mengonsumsi suplemen herbal alami Promale! Pesan Promale sekarang !

Cara Pesan ProMale, SMS ke 0818-0791-4826, tuliskan: “Pesan ProMale, Jml Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap.

Kesuburan Pria


=====================================


>>> Suplemen Herbal Kesuburan Pria, Untuk Menambah Jumlah Sperma dan Menambah Kualitas Sperma, KLIK DISINI
=====================================


This entry was posted in Kesuburan Pria and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.