Cara Mengetahui Kesuburan Pria

Tidak setiap hubungan intim yang dilakukan suami istri bisa membuahkan kehamilan. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan dari sperma seorang pria. Bila masalah tersebut dialami oleh seorang pria, sebaiknya ia melakukan tes kesuburan secara medis atau berkonsultasi pada dokter ahli.

Tingkat kesuburan seorang pria bisa diukur dan dilakukan dengan cara memeriksa dan menganalisis spermanya, baik secara langsung atau menggunakan mikroskop. Analisis sperma menghasilkan parameter yang meliputi volume, pH, bau, warna, jumlah sel spermatozoa per mililiter, gerakan, dan bentuk spermatozoa.

Apabila hasil analisis pada sperma pri diluar parameter normal tersebut, maka dianggap tidak normal. Sperma tidak normal berarti kesuburannya juga terganggu sehingga kemungkinan untuk memiliki keturunan menjadi kecil bahkan tidak bisa. Namun, tidak demikian halnya pada diri seorang wanita. Walaupun mampu menghasilkan sel telur, buak berarti ia bisa hamil. Karena belum tentu sistem reproduksi yang lainnya juga normal. Pertama, saluran telurnya harus normal agar sel telur yang telah dikelurkan dari indung telur dapat masuk ke dalam rahim. Selanjutnya, walaupun kedua saluran telur normal tetapi rahimnya terganggu, maka kehamilan juga terhambat.

Pemeriksaan Kesuburan Pria

Menghitung sperma (sperrm count)

Cairan semen yang akan diperiksa dikumpulkan dalam botol plastik yang diberikan dokter, diambil setelah tiga hari tidak berhubungan seks. Semen harus diperiksa dalam waktu dua atau tiga jam seteleh dikumpulkan untuk mencegah sperma mati, atau hasil pemeriksaan yang salah. Cairan semen yang normal harus terkumpul dalam jumlah yang cukup (3,ml), mengandung sperma lebih dari 20 juta per ml (dapat dilihat di bawah mikroskop), dan sebagian besar (lebih dari 60 %) harus dalam keadan aktif dan selalu bergerak (mobilitas).

Paling tidak, sebagian besar sperma itu mempunyai penampilan normal untuk dapat membuahi sel telur dengan baik. Biasanya analisa cairan semen pria sangat menentukan, karena bila di dalam semen itu terdapat sperma, maka tidak begitu penting lagi pemeriksaan pihak wanita.


=====================================

>>> Suplemen Herbal Kesuburan Pria, Untuk Menambah Jumlah Sperma dan Menambah Kualitas Sperma, KLIK DISINI
=====================================


This entry was posted in Kesuburan Pria and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>